Dikuasakan oleh Blogger.
Foto saya
Indonesia, Indonesia
Kesuksessan berawal dari diri kita sendiri dan tergantung usaha dari masing-masing pribadi twitter : @IndahArodha Facebook: Indah Arodha
RSS
Post Icon

Makalah Tentang Definisi Scanner


KATA PENGANTAR



Makalah dengan judul “ SCANNERmerupakan bahan ajar yang digunakan sebagai panduan praktikum peserta diklat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk membentuk salah satu bagian dari kompetensi bidang keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan.
Makalah ini menguraikan tentang sejarah scanner, pengertian scanner, fungsi scanner, macam-macam scanner, cara menginstal, cara kerja scenner, jenis koneksi pada scanner, permasalahan tentang scanner dll.
Makalah ini terkait dengan makalah lain yang membahas tentang scanner. Bertujuan agar para pembaca dapat mengetahui tata cara menggunakan atau mengoperasikan mesin scanner. Dengan makalah ini pembaca dapat memperoleh informasi lengkap untuk dapat mengetahui seluk beluk dan jenis-jenis scanner beserta cara penggunaanya. Oleh karena itu, diharapkan sesudah membaca makalah tentang scanner ini pembaca mampu menggunakan atau mengoperasikan serta dapat memahami mesin scanner dengan detail. Dan Kami sadar mungkin makalah ini masih banyak kekurangan, maka dari itu kami kritik dan saran akan selalu kami terima untuk menambah kelengkapan makalah ini.
















Tuban, 20 Mei 2012

 

       Penyusun 

     Indah & Ika

 




DAFTAR ISI


Kata Pengantar........................................................................................................ 1
Daftar Isi................................................................................................................... 2
Bab I Pendahuluan.................................................................................................. 3
I.Latar Belakang............................................................................................... 3
II.Rumusan Masalah......................................................................................... 3
III.Tujuan dan Manfaat.................................................................................... 3
Bab II Pembahasan.................................................................................................. 4
A.Sejarah Scanner............................................................................................ 4
B.Pengertian Scanner....................................................................................... 4
C.Fungsi  Scanner............................................................................................. 5
D.Macam-macam Scanner................................................................................ 5
E.Jenis Koneksi pada Scanner.......................................................................... 7
F.Cara Kerja Scanner........................................................................................ 8
G.Komponen-komponen pada Scanner............................................................ 8
H.Cara Kerja Scanner....................................................................................... 9
I.Cara Menggunakan Scanner.......................................................................... 9
J.Permasalahan pada Scanner........................................................................... 10
K.Cara Memperbaiki Scanner........................................................................... 10
Bab III Penutup....................................................................................................... 11
Kesimpulan....................................................................................................... 11
Saran................................................................................................................. 11
Daftar Pustaka......................................................................................................... 12



BAB I

PENDAHULUAN


Di era globalisasi ini komputer telah menjadi suatu alat yang terus berkembang dalam memenuhi kebutuhan kerja manusia, terutama untuk seseorang yang berhadapan langsung dengan komputer. Perkembangan computer yang semakin maju pasti diikuti dengan perkembangan komponen – komponen komputernya.
Komponen tersebut pasti memiliki bagian penting yang sudah ada di dalam komputer (isi dari CPU) dan tidak melupakan bagian di luar komputer (alat input output), maka dari itu komputer dapat dikatakan semakin berkembang.
Komponen yang berada di luar computer ikut berperan dalam perkembangan computer tersebut, misalnya saja scanner. Scanner merupakan alat input sekaligus output yang dapat membaca, merekam, dan mengambil informasi yang nantinya akan ditransfer ke komputer. Scanner mengalami kemajuan pada teknologinya, scanner yang berawal dari menggunakan tinta magnetic khusus menjadi menggunakan teknik pencahayaan. Untuk dapat mengembangkan scanner tersebut, para pengguna harus mengetahui awal mula teknologi scanner tersebut, cara kerja dan fungsi scanner, serta mengetahui kelebihan yang ada pada scanner tersebut.

II.     Rumusan Masalah
1.      Pengertian scanner
2.      Jenis-jenis, cara kerja dan fungsi scanner
3.      Cara menginstal scanner dan cara memperbaikinya

III. Tujuan dan Manfaat
1.      Untuk lebih mengenal dan memehami pengertian scanner
2.      Untuk mengetahui bagaimana langkah- langkah cara kerja dan fungsi scanner
3.      Untuk mengetahui bagaimana cara menginstal dan memperbaiki scanner


Sejarah perkembangan scanner berawal pada tahun 1975, ketika Ray Kurzweil dan timnya menciptakan Kurzweil Reading Machine beserta software Omni-Font OCR (Optical Character Recognation) Technology. Software ini berfungsi mengenali teks yang ada dalam objek yang discan dan menerjemahkannya menjadi data dalam bentuk teks. 
Dari awal perkembangan itulah teknologi scanner berawal dan akhirnya terus berkembang sampai saat ini dengan teknologi yang semakin lama semakin maju. Kini scanner sudah dapat digunakan untuk menscan objek tiga dimensi dan film negatif. 
Bentuk dan ukuran scanner bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio ada juga yang seukuran postcard, bahkan yang terbaru, berbentuk pena yang baru diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc. Scanner berukuran pena tersebut bisa menyimpan hingga 1.000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah komputer pribadi (PC). Scanner berukuran pena tersebut dinamakan Quicklink. Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya sekitar tiga ons. Scanner tersebut dapat melakukan pekerjaannya secara acak lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar. 
Data yang telah diambil dengan scanner itu, bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII. Pada saat ini, scanner sudah semakin berkembang dengan pesat. Banyak sekali scanner yang beredar di dunia dengan berbagai merk, diantaranya scanner keluaran dari Canon, Hewlett Packard ( HP ), EPSON, UMAX , Panasonic, Samsung, Fujitsu, Lexmark dan masih banyak lagi brand scanner yang lainnya yang semakin berkembang dengan pesat seiring penemuan baru teknologi scanner.
Penemuan scanner sangat terkait dengan perkembangan teknologi photography,fotokopi dan optical machine. Penemu scanner adalah Robert S. Ledley  lahir di Newyork, Amerika Serikat pada tahun 1926. Hingga akhirnya pada tahun 1943 lahirlah CT Scanner yang mampu memindai seluruh tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki. Mesin temuannya itu di namakan Automatic Computerized Transverse Axial (ACTA).Demikian sejarah singkat penemuan scanner dan perkembangan scanner dari awal penemuannya sampai sekarang scnner baru dengan teknologi berbeda dan canngih telah ditemukan dan dikembangkan di dunia oleh berbagai Company seperti yang disebutkan di atas.


Suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotocopy hasilnya dapat langsung dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat diubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar. Scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu, digunakan untuk mengambil citra cetakan (gambar, foto, tulisan) untuk diolah atau ditampilkan melalui komputer. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan komputer sebagai data digital Data yang telah diambil dengan scanner itu , bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi computer computer yang mengenali teks ASCII. Perbedaan tiap scanner dari berbagai merk terletak pada pemakaian teknologi dan resolusinya. Pemakaian teknologi misalnya penggunaan tombol-tombol digital dan teknik pencahayaan.


Fungsi Scanner adalah membaca, merekam dan mengambil informasi suatu benda baik 2D atau 3D dan menghimpunnya untuk anda dengan berbentuk gambar. Begitu juga denganFungsi Scanner Komputer. Berbeda dengan Printer, Scanner hanya bisa mengambil informasi gambar dan menampilkan pada Komputer dan bisa diambil dalam bentuk file data. Jadi jika anda memasukkan foto maka akan menghasilkan foto itu sendiri dalam bentuk digital (gambar dalam komputer), dan jika anda memasukkan benda maka akan menghasilkan gambar itu sendiri.


v  Scanner terbagi menjadi 2 :
1.    Hand-held Scanner Scanner yang cara penggunaannya memakai tangan untuk menscan objek, scanner ini biasanya dipakai pada supermarket yang ada di kasirnya saat pembayaran barang.
2.    Plated Bed Scanner yaitu scanner yang penggunaannya dengan cara meletakkan objek yang akan discan diantara lensa dan cover. Jenis scanner ini banyak di pakai di kantor.

v  Terdapat beberapa jenis scanner berdasarkan kegunaan dan cara kerjanya, antara lain:
1.    Scanner gambar
2.    Scanner barcode
3.    Scanner sinar-X
4.    Scanner cek
5.    Scanner logam
6.    Scanner Optical Mark Reader (OMR)
7.    Scanner 3 Dimensi
Di antara jenis-jenis scanner tersebut, scanner gambar adalah yang paling sering disebut sebagai scanner. Seperti halnya pada scanner OMR, scanner gambar juga dapat digunakan sebagai scanner Lembar Jawaban Komputer (LJK). Agar hal tersebut dapat tercapai, dibutuhkan perangkat lunak dengan teknologi Digital Mark Reader (DMR).

v  Bila dikelompokkan berdasarkan cara memasukkan kertas, scanner gambar terdiri atas 2 jenis, yaitu:
1.      Flatbed
Pada scanner gambar Flatbed, kertas diletakkan di atas kaca scanner, kemudian lampu dan sensor scanner akan bergerak menyusuri kertas tersebut untuk memperoleh gambarnya.
2.      Automatic Document Feeder (ADF)
Pada scanner gambar Automatic Document Feeder (ADF), kertas diletakkan pada baki/tray, lalu satu per satu kertas akan dimasukkan oleh bagian mekanik scanner dengan adanya pad assy dan roller. Pada saat kertas bergerak di atas lampu scanner sensor scanner bekerja untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan kertas tersebut. Keunggulan scanner Automatic Document Feeder (ADF) adalah:
·         Kecepatannya tinggi, dapat mencapai > 10.000 lembar per jam
·         Dapat membaca dua sisi kertas sekaligus pada saat yang bersamaan
·         Dengan imprinter, scanner dapat memberikan tanda pada lembaran yang telah di scan
·         Sangat tepat dipasangkan dengan perangkat lunak berteknologi Digital Mark Reader serta untuk pengarsipan dan manajemen dokumen
v  Jenis – jenis Scanner Berdasarkan Manfaat Dan Cara Penggunaannya:
1.      Flat bed
Description: http://adela_anindita.students-blog.undip.ac.id/files/2010/09/flatbed.jpgJenis ini banyak ditemui karena harga yang relative murah dan cocok untuk pemakaian pribadi. Scanner ini berbentuk persegi panjang, memiliki papan penutup, dan lapisan kaca tempat meletakkan gambar. Cara pengoperasiannya diletakkan secara mendatar.
2.      Handheld
Description: http://adela_anindita.students-blog.undip.ac.id/files/2010/09/bardcode.jpgJenis ini membutuhkan keterampilan yang lebih dari penggunanya. Pengguna dengan tangannya akan menggerakan scanner ini di atas gambar yang akan dibacanya. Karena proses pembacaan data oleh scanner sangat sensitif, maka gambar yang dihasilkan kualitasnya kurang baik, akibat kecepatan gerakan yang tidak rata. Umumnya scanner jenis ini bersifat monochrome, atau tepatnya hanya dapat menghasilkan warna hitam putih saja.




3.      Automatic Document Feeder
  Jenis ini memiliki kelebihan kemudahan dalam penggunaan. Kita dapat meletakkan gambar-gambar yang akan dibaca, selanjutnya alat ini secara otomatis akan mengambil sendiri gambar-gambar tersebut dan membacanya, untuk selanjutnya disimpan sebagai file digital. Harganya sudah tentu lebih mahal dibanding jenis flat bed. Jenis ini memang cocok untuk perkantoran yang memiliki banyak gambar yang akan di-scan.
4.      Drum
Description: http://adela_anindita.students-blog.undip.ac.id/files/2010/09/drum.jpg  Jenis ini adalah jenis-jenis yang awal dikembangkan . Jenis ini menggunakan photomultiplier tubes (PMT) untuk membaca data gambar. Jenis ini menghasilkan kualitas yang lebih baik di banding jenis lainnya. Namun karena harganya relatif mahal, maka jenis ini sudah tidak banyak digunakan. Banyak orang beralih menggunakan jenis flatbed berkualitas tinggi. Tetapi jenis ini masih tetap digunakan oleh pihak-pihak yang membutuhkan kualitas yang baik, seperti museum atau seniman yang akan menyimpan hasil kerja seninya.
v  Berdasarkan Objek Yang Dipindai :

1.      Image Scanner. Scanner yang digunakan untuk memindahkan gambar atau image.
2.      Optical Character Reader (Ocr). Scanner yang digunakan untuk mengambil teks dari kertas yang dipindahi.
3.      Barcode Scanner. Scanner yang mampu membaca balok – balok barcode dalam bentuk alphabet.
4.      Heuristik Scanner. Scanner yang dapat membaca kode – kode berdasarkan aturan

E.   Jenis Koneksi Pada Scanner

Ada beberapa jenis koneksi ke komputer dari scanner yang paling umum digunakan, diantaranya:

1.        Jenis koneksi paralel merupakan  koneksi model lama, karena komputer yang model lama koneksinya masih paralel port.
2.        Jenis koneksi usb versi 1 merupakan jenis koneksi setelah paralel port, koneksi usb 1 ini lebih cepat dari koneksi paralel port sehingga kecepatan untuk memindai selembar kertas bisa lebih cepat.
3.        Jenis koneksi usb versi 2 selain kecepatannya lebih cepat dari usb versi 1 dan paralel, koneksi usb versi 2 ini mulai populer karena laptop atau komputer saat ini banyak yang sudah tidak mendukung koneksi paralel port lagi.

F.   Cara Kerja Scanner

ÿ  Cara kerja scanner, menekan tombol mouse untuk memulai Scanning, yang terjadi adalah :

·         Penekanan tombol mouse dari komputer menggerakkan pengendali kecepatan pada mesin scanner. Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses pengiriman ke unit scanning.
·         Kemudian unit scanning menempatkan proses pengiiman ke tempat atau jalur yang sesuai untuk langsung memulai scanning.
·         Nyala lampu yang terlihat pada Scanner menandakan bahwa kegiatan scanning sudah mulai dilakukan.
·         Setelah nyala lampu sudah tidak ada, berarti proses scan sudah selesai dan hasilnya dapat dilihat pada layar monitor.
·         Apabila hasil atau tampilan teks / gambar ingin dirubah, kita dapat merubahnya dengan menggunakan software-software aplikasi yang ada. Misalnya dengan photoshop, Adobe dan lain- lain. pot scanned.
ÿ  Ada dua macam perbedaan scanner dalam memeriksa gambar yang berwarna yaitu:
·         Scanner yang hanya bisa satu kali meng-scan warna dan menyimpan semua warna pada saat itu saja.
·         Scanner yang langsung bisa tiga kali digunakan untuk menyimpan beberapa warna. Warna-warna tersebut adalah merah, hijau dan biru.
Perbedaan antara scanner dan fotocopy ialah pada mesin fotocopy hasilnya bisa langsung diperoleh atau ditampilkan pada sebuah kertas Sedangkan pada scanner hasilnya akan ditampilkan pada layar monitor atau dimasukkan kedalam komputer dahulu untuk diproses kemudian dicetak.
  1. Komponen-Komponen Pada Scanner
Ø  Komponen-komponen yang dimaksud adalah komponen-komponen pada scanner flatbed. Komponen tersebut adalah :
1.      Alas kaca
Alas kaca digunakan sebagai wadah dari gambar yang akan dibaca.
2.      Sumber Cahaya
Sumber cahaya berupa lampu dengan intensitas cahaya cukup tinggi akan menghasilkan cahaya yang diarahkan ke gambar.
3.      Sensor sinal pantulan
Jenis yang umum digunakan untuk jenis scanner flat bed adalah sensor CCD(charge-coupled devices). Alat ini berfungsi seperti mata yang akan membaca sinar pantulan dari gambar Untuk mengarahkan sampai ke CCD, cahaya pantulan dari gambar diarahkan dengan menggunakan sejumlah cermin dan lensa scanner.
4.      Motor Stepper dan pita  bergerigi
Karena data dibaca baris perbaris, maka dibutuhkan motor stepper dan pita bergerigi untuk menggerakan lampu dan CCD.
5.      Penutup
Penutup digunakan untuk menghindari sinar luar yang masuk, sehingga data yang dibaca oleh CCD benar-benar data pantulan dari gambar yang sedang dibaca.
  1. Cara Menginstal Scanner
Berikut langkah-langkah menginstal scanner :
1.      Pada posisi scanner sudah menyala, jika scanner sudah di konekkan dengan komputer maka komputer mendeteksi ada device baru yang belum di kenal dengan di tandianya munculnya gambar yang bertuliskan wellcome to the found new hardware wizard. Disana akan terdapat pilihan,anda pilih yes, this time only kemudian next.
2.      Pilih install the Software automatically (Remmendedd).
3.      Sebelum klik next masukkan terlebih dahulu CD drivernya. Setelah memasukkan CDnya dan klik next maka akan muncul sebuah gambar yang bertuliskan Pleace Select The Best Match For Yuor Hardware From The List Below.
4.      Proses install akan berjalan secara otomatis, namun dalam tahapan tertentu kita diminta untuk mengisi nama user dan organisasi. Dan pada Lecencing Agreement pastikan kita menjawab dengan I Agree atau I Accept, yang artinya kita setuju untuk menginstal scanner tersebut.
5.      Setelah itu akan muncul gambar dengan tulisan Completing The Found New Hardware Wizard.
6.      Klik Finish. Kemudian instalasi diproses dan setelah selesai akan muncul gambar Congratulasion! Yang menandakan kalau proses Instalasinya sudah berhasil.

  1. Cara Menggunakan Scanner
Berikut langkah-langkah menggunakan sncanner :
1.      Pastikan scaner dan komputer dalam kondisi nyala dan terhubung.
2.      Persiapkan dokumen atau gambar yang akan discan.
3.      Buka penutup scaner.
4.      Letakkan dokumen atau gambar pada scaner kemudian tutup kembali scaner.
5.      Pada komputer buka program pengolah foto. Start menu-All Program-photoshop dan jika menggunakan Microtek buka softeware Microtek scan wizard 5 (Start menu-All Program-Microtek-Microtek scan wizard 5).
6.      Untuk sofware Microtek klik preview kemudian sesuaikan hasil scan.
7.      Untuk photoshop klik file-import-Microtek. Jika menggunakan   f380 All in one klik file-import-F300 twain kemudian klik preview untuk melihat preview, sesuaikan hasil scan.
8.      Untuk Microtek klik scan tunggu beberapa saat maka akan meminta informasi untuk menyimpan. Simpan hasil ditempat yang diinginkan.
9.      Untuk photoshop ketika anda klik scan maka secara otomatis hasil akan tampil dilayar photoshop anda dapat melakukan edit untuk kemudian disimpan.
10.  Proses scan selesai
J.    Permasalahan Pada Scanner
Scanner merupakan satu-satunya alat yang bisa mengubah gambar komik kita dari goresan tangan menjadi data digital yang memungkinkan untuk di edit melalui komputer. Akan tetapi sebagian komikus masih belum mengetahui seluk beluk piranti komputer ini sehingga mereka langsung saja menggunakannya tanpa memperdulikan hasil yang akan diperoleh. Namun adakalanya gambar hasil scanning tidak memuaskan selera. Gambar pecah-pecah, bercak-bercak, dan warna lebih gelap seringkali mengurangi kualitas gambar komik yang telah kita lukis. Yang pertama-tama menjadi kekhawatiran kita adalah apakah scanner mengalami gangguan atau, lebih buruk lagi, apakah kita telah terjebak dalam permasalahan scanner, dimana hal itu hanya dipahami oleh spesialis seni komputer ulung? Tapi cobalah tenang sedikit. Ingat bahwa scanner hanyalah alat perekam seperti halnya peralatan stereo, kita mungkin harus menyetel bass dan trebel agar mendapatkan efek yang diinginkan.
K.    Cara Memperbaiki Scanner
1.    Uninstall software untuk Anda scanner. Jika masalah Anda tampaknya terkait perangkat lunak, Anda harus uninstall dan menginstal perangkat lunak pemindai  . Untuk melakukan hal ini, pergi ke “Add / Remove Programs” pada desktop Anda. Menemukan program scanner   dan klik tombol “Uninstall” pilihan. Setelah ini selesai, Masukkan kembali perangkat lunak pemindai   CD-ROM dan ikuti petunjuk instalasi.
2.    Disable start-up item di Windows. Beberapa program Windows dapat mempengaruhi scan gambar yang dihasilkan oleh scanner  . Memperbaiki masalah ini dengan pergi ke “Run” menu pada Windows. Masukkan “msconfig” untuk membuka jendela konfigurasi sistem. Pilih “Selective start up” dan tidak memeriksa semua program yang tercantum dalam menu ini.
3.    Lepaskan semua kabel dan mematikan sumber daya scanner  . Untuk memperbaiki suara mekanis aneh dari perangkat, putar scanner off dan kemudian menghubungkan kembali kabel dan sumber daya setelah menunggu satu menit.
4.    Memasang driver update untuk   Anda scanner. Sopir yang ketinggalan jaman juga dapat menyebabkan   Anda scanner untuk kerusakan. Menyelesaikan masalah ini dengan men-download driver baru dari   Support website.
5.    Bersihkan kaca scanner   Anda. Kotoran dapat membangun di bawah kaca pemindai dan menyebabkannya untuk berhenti bekerja dengan benar. Untuk membersihkan kaca di bawah, Anda akan perlu untuk membongkar gelas menggunakan obeng kepala yang datar. Anda mungkin memerlukan sebuah obeng Phillips juga jika berada di tempat sekrup di bagian belakang kaca pemindai. Gunakan pembersih kaca dan kain yang kering untuk menghapus segala debu dan puing-puing. Re-install kaca dengan menggunakan obeng Phillips.

BAB III
PENUTUP

A.  Kesimpulan
Teknologi Scanner kini semakin dikembangkan dan dapat dikatakan telah mencapai taraf kecanggihan yang cukup tinggi. Kemajuan alat tersebut dapat dilihat dari jenis-jenis scanner yang bertambah banyak untuk membantu pekerjaan-pekerjaan di berbagai bidang.
Jenis jenis dari alat yang canggih tersebut pasti memiliki cara kerja dan fungsi yang berbeda-beda, hal tersebut terjadi karena scanner-scanner tersebut di ciptakan untuk bidang-bidang pekerjaan yang berbeda, maka dari itu disesuaikan pula kegunaan scanner dalam menjalankan pekerjaan-pekerjaan yang menggunakannya.
B.  Saran
Bagi siswa SMA/SMK jangan sampai kita tertinggal oleh perkembangan teknologi, karena pada masa modern kali ini perkembangan teknologi sangat pesat. Khusunya mengenai alat scanner, belajarlah cara penggunaanya agar kita lebih mengetahui tata cara yang tepat untuk menggunakan mesin scanner dengan benar dan sesuai dengan prosedur yang tepat. Dan diaharapkan setelah ini siswa SMA/SMK mampu mengoperasikan sendiri mesin-mesin elektronik terutama pada mesin scanner tanpa bergantung pada kemampuan orang lain.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 ulasan:

Unknown berkata...

makasih banyak ya, informasinya, izin copas buat tugas sekolah

jejak blogger berkata...

terima kasih gan.artikelnya mantap.berikut artikel terkait:

Pengertian Scanner,Fungsi Scanner,Dan Cara Kerja Scanner


terima kasih gan.artikelnya mantap.berikut artikel terkait:

Pengertian Scanner,Fungsi Scanner,Dan Cara Kerja Scanner


terima kasih gan.artikelnya mantap.berikut artikel terkait:

Pengertian Scanner,Fungsi Scanner,Dan Cara Kerja Scanner


terima kasih gan.artikelnya mantap.berikut artikel terkait:

Pengertian Scanner,Fungsi Scanner,Dan Cara Kerja Scanner


terima kasih gan.artikelnya mantap.berikut artikel terkait:

Pengertian Scanner,Fungsi Scanner,Dan Cara Kerja Scanner


terima kasih gan.artikelnya mantap.berikut artikel terkait:

Pengertian Scanner,Fungsi Scanner,Dan Cara Kerja Scanner


terima kasih gan.artikelnya mantap.berikut artikel terkait:

Pengertian Scanner,Fungsi Scanner,Dan Cara Kerja Scanner


terima kasih gan.artikelnya mantap.berikut artikel terkait:

Pengertian Scanner,Fungsi Scanner,Dan Cara Kerja Scanner


terima kasih gan.artikelnya mantap.berikut artikel terkait:

Pengertian Scanner,Fungsi Scanner,Dan Cara Kerja Scanner


terima kasih gan.artikelnya mantap.berikut artikel terkait:

Pengertian Scanner,Fungsi Scanner,Dan Cara Kerja Scanner


terima kasih gan.artikelnya mantap.berikut artikel terkait:

Pengertian Scanner,Fungsi Scanner,Dan Cara Kerja Scanner

Shikamaru Nara berkata...

mantab banget gan
timah solder

Catat Ulasan